Senin, 25 Februari 2013

CONTOH LAPORAN PKL DI IBI DARMAJAYA



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
INROFMATICS BUSINEES INSTITUTE DARMAJAYA
BANDAR LAMPUNG



Praktek Kerja Industri
Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan


Disusun Oleh :
NAMA                                    : I Wayan Suwardiana
NIS                                         : 569
BIDANG KEAHLIAN         : Teknik Komputer dan Jaringan

SMK NEGERI 1 KETAPANG
LAMPUNG SELATAN
Jln. Lintas Timur Parit 8 Berundung Kecamatan Ketapang
Kabupaten Lampung Selatan
Laporan Praktek Kerja Industri ini telah disahkan pada:
            Hari                 :
            Tanggal           :
Mengesahkan

Ketua Program
Teknik Komputer Dan Jaringan




Henny Febrina, S.Kom
NIP.19830228 201001 2 009
Pembimbing Du/Di
Kabiro pemasaran Humas & kerjasama




Rahmalia Syahputri,  S.kom.,M.Eng.Sc
NIK.01430206

Mengetahui
Kepala Sekolah
SMKN 1 Ketapang




MARJUKI, S.Pd.
NIP.19700122 198802 1 001
Wakil Rektor III
IBI DARMAJAYA Bandar Lampung




Novita Sari, S.Sos.,Mm
NIK.01071104
           


HALAMAN PERSETUJUAN

                        Nama               :I WAYAN SUWARDIANA
                        Kelas               : XI (Sebelas) Teknik Komputer dan  Jaringan
Sekolah           : SMK Negeri 1 Ketapang
Menyetujui

Pembimbing Prakerin
SMK Negeri 1 Ketapang




Herlis Noviana. S.kom
NIK.19820923 200902 2 002


Pembimbing Prakerin
Informatics and Businees Institute DARMAJAYA



Ahmad Ali, S.T
NIK.001590707

Mengetahui
Guru Penguji



Henny Febrina, S.Kom.
NIK.19830228 201001 2 009
Kepala bagian Perawatan & Security    IBI DARMAJAYA Bandar Lampung



Ronald Efrimanjaya
NIK.00660403
                                                Kata Pengantar

       Puji syukur saya Panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga dapat menyelesaikan tugas laporan praktek kerja industri sebagai salah satu syarat Uji Kompetensi dan  Kelulusan Ujian Nasional. Saya telah berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan laporan ini,  namun demikian  masih terdapat kekurangan dan jauh dari kesan sempurna, oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan  rasa terima kasih  kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk menyelesaikan laporan praktek kerja industri ini.
Dengan ini saya berterima kasih kepada kepala IBI DARMAJAYA yang selama kurang lebih 3 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Laporan  ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah  maupun  pihak IBI DARMAJAYA, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada  kedua orang tua saya, Kepala SMK  N 1 KETAPANG,dan semua pihak yang ada di IBI DARMAJAYA.
Akhir dari kesempatan  ini saya menyampaikan  terima  kasih  kepada  semua pihak yang turut membantu dalam upaya  penyelesaian  laporan  ini.  Saya juga mengharapkan saran demi perbaikan dan  penyempurnaan laporan ini. Dan semoga laporan  ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan dan bermanfaat bagi semua pembaca.

Ketapang, 5 Maret 2013
Kepala Sekolah,


MARZUKI. S.Pd
NIP.1970 0122 199802 1 001

                                                Ucapan Terima Kasih
       Dalam melakukan kegiatan prakerin dan menysun  laporan ini, saya banyak mengucapkan terima kasih kepada       :
1.      Informatics and Business Institute (IBI) DARMAJAYA Bandar Lampung, yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Prakerin.
2.      Bapak Marzuki, S.Pd., selaku kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ketapang.
3.      Bapak DR. Andi Desfiandi, SE., MA., selaku Rektor IBI DARMAJAYA.
4.      Ibu  Novita Sari, S.Sos.,Mm selaku Wakil Rektor III.
5.      Ibu Herlis Noviana, S.kom selaku guru pembimbing yang cukup banyak memberikan motifasi kepada kami.
6.      Bapak Ahmad Ali, S.T selaku pembimbing lapangan yang cukup banyak memberikan ilmu nya kepada saya.
7.      Bapak Ari Saputra dan Bapak Katibul Umam  selaku pembimbing  yang sudah berkenan  memberikan  ilmu nya kepada saya.
8.      Dan kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan  ini.




                                           DAFTAR ISI
Halaman  Judul................................................................................................... 1
Halaman  Pengesahan......................................................................................... 2
Halaman  Persetujuan......................................................................................... 3
Kata  Pengantar.................................................................................................. 4
Ucapan  Terima  Kasih....................................................................................... 5
Daftar  Isi............................................................................................................. 6

BAB 1 PENDAHULUAN.................................................................................. 1  
1.1    Gambaran Umum Prakerin........................................................................ 1  
1.2    Tujuan Prakerin........................................................................................... 1
1.3    Tujuan Pembuatan Laporan...................................................................... 2
1.4    Batasan Masalah.......................................................................................... 2

BAB 2 HASIL OBSERVASI DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI........... 3
2.1 Lokasi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya..................... 3
2.2 Sejarah Singkat Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya..... 5
2.3 Profil IBI Darmajaya.................................................................................... 9
2.4 Struktur Organisasi IBI Darmajaya............................................................ 11
2.5 Lambang dan Makna................................................................................... 12
2.5.1 Bentuk Lambang............................................................................ 12
2.6  Makna Logo Perguruan Tinggi IBI Darmajaya....................................... 12
     2.6.1 Bentuk............................................................................................. 12
       2.6.2 Unsur Lambang.............................................................................. 12
2.7  Atribut dan Lambang.................................................................................. 13
2.8  VISI dan MISI Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya...... 14
     2.8.1 Visi................................................................................................... 14
     2.8.2 Misi................................................................................................... 14
2.9. Motto IBI Darmajaya.................................................................................. 15
2.10.Logo Maskot IBI Darmajaya..................................................................... 15


BAB 3 PENEMPATAN SISWA PRAKERIN DAN PROSES KERJA
DI BAGIAN PERAWATAN KOMPUTER.................................................... 17
3.1. Struktur Organisasi  perawatan  computer............................................... 17
3.2 Proses Kerja Di Perawatan Komputer....................................................... 18
            3.2.1 Kegiatan Siswa di Perawatan  Komputer.................................... 18
            3.2.2 Cara Mengisi  Ulang Toner 35a/36a/85a/76a............................... 18
            3.2.3 Bagian-bagian Printer Hp Laser Jet............................................. 22
3.2.3Etika Kerja (WORK ETHIC).................................................................... 23

BAB 4 PENUTUP............................................................................................... 24
            4.1 Kesimpulan........................................................................................ 24
            4.2 Saran................................................................................................... 25
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 26
LAMPIRAN........................................................................................................ 27




BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Gambaran Umum Prakerin
Prakerin (Praktik kerja industri) merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan sekolah dengan program pengasahan keahlian yang diperoleh oleh siswa melalui kegiatan langsung didunia industri, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu.

1.2 Tujuan Prakerin
Penyelenggaraan praktik kerja industri bertujuan untuk :
1.    Menghasilkan tenaga kerja yang profesional.
2.    Menghasilkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
3.    Memantapkan disiplin dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugasnya.
4.    Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan siswa yang diperoleh dari latihan praktek di sekolah yang membentuk kemampuan siswa sebagai bekal memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan program study pilihan.
5.    Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan diri dalam dunia kerja dan masyarakat.
6.    Menambah ilmu yang telah didapat dari sekolah.
7.    Menambah wawasan dan pengalaman untuk memasuki dunia kerja.
8.    Meningkatkan status dan kepribadian siswa sehingga mampu berinteraksi dan memiliki tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.
9.    Menumbuh kembangkan sikap profesionalisme yang diperlukan untuk memenuhi lapangan kerja yang sesuai dengan bidangnya.
10.    Menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah didapat di sekolah dalam dunia kerja nyata.
1.3  Tujuan pembuatan laporan
1.         Siswa dapat mengumpulkan data yang diperoleh untuk menyusun laporan praktek kerja industri.
2.         Siswa mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan menyusun laporan.
3.         Siswa dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk menyusun laporan praktek kerja industri.
4.         Untuk mengetahui kegiatan siswa dalam dunia industri.

1.4 Batasan Masalah
Mengingat banyaknya kegiatan yang saya kerjakan pada waktu Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), maka saya mengambil pokok pembahasan yang dapat saya kuasai yaitu :
ΓΌ  Melakukan isi ulang toner
BAB 2
HASIL OBSERVASI DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
2.1 Lokasi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya

IBI DARMAJAYA terletak di lokasi yang sangat strategis, dipusat kota Bandar Lampung. Tepatnya dijalan Zainal Abidin Pagar Alam No.93 Labuhan Ratu, Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. Untuk mencapai Darmajaya sangat mudah, karena Jalan Zainal Abidin merupakan jalur jalan kota, dan dilalui oleh kendaraan umum dari Terminal Bus Induk RAJABASA.




2.2 Sejarah Singkat Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya
A.    Sejarah berdirinya Informatics And Business Institue (IBI) Darmajaya
Berawal dari niat dan ketulusan hati serta dukungan penuh dari istri tercinta, seorang putra asal Lampung, H. Alfian Husin, S.H ingin mengabdi di daerah asalnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda agar dapat berkiprah dan berkompetisi dengan SDM-SDM daerah lain maupun dengan bangsa-bangsa lain dalam rangka menghadapi era kesejagatan.

Kemudian hal ini diwujudkan dalam pendirian Yayasan Pendidikan Alfian Husin melalui Notaris Cahaya Hairani Djausal Zubaidi, S.H akta Nomor 4 (empat) tanggal 5 Januari 1995 berkedudukan di Kotamadya Bandar Lampung jalan Teuku Umar No. 93 kelurahan Gedong Meneng kecamatan Kedaton dengan Badan Pendiri Hi. Alfian Husin, S.H, dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian, Andi Desfiandi, S.E, MA dan Meizary Alfian, S.E, MBA. Sedangkan badan pengurus adalah Meizary Alfian, S.E. MBA (ketua), Firmansyah Yunialfi Alfian (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (Sekretaris I), Dian Septarina, BA(Sekretaris II) dan dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (Bendahara) dan Badan Pengawas terdiri dari Hi. Alfian Husin, SH dan Andi Desfiandi, S.E, MA.

Seiring dengan visi dan misi Yayasan dan kondisi tantangan kedepan maka berdasarkan hasil rapat Yayasan diambil keputusan untuk merubah susunan badan pengurus dan badan pengawas yang dikuatkan oleh Notaris Cahaya Hairani Djausal, SH akta No. 2 tanggal 23 Januari 1995 dengan susunan Badan Pengurus Hi. Alfian Husin, S.H (Ketua), Meizary Alfian, SE, MBA (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (sekretaris I),Dian Septarina, BA (sekretaris II), dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (bendahara). Sedangkan Badan Pengawas adalah Andi Desfiandi, SE, MBA dan Ir. Firmansyah Yunialfi Alfian.
Melalui Yayasan ini maka untuk pertama kalinya didirikan Lembaga Pendidikan Tanjung Karang (LPTK) dengan mendapat izin prinsip dan operasional dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Lampung untuk menyelenggarakan kursus komputer dan program pendidikan satu tahun.

Dengan perkembangan lembaga ini (LPTK) serta pesatnya tuntutan masyarakat lampung, maka pada tanggal 5 Juni 1997 didirikanlah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer DARMAJAYA yang lebih dikenal dengan STMIK DARMAJAYA yang dikukuhkan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 29/D/O/1997 dengan menetapkan sebagai status terdaftar untuk program studi: Teknik Informatika (S1), Teknik Komputer (D3) dan Manajemen Informatika (D3), kemudian sesuai dengan perkembangan lampung dan tuntutan masyarakat, STMIKDarmajaya membuka kembali dua program studi yaitu: Sistem Informasi (S1) dan Sistem Komputer (S1).

Bersamaan dengan usia yang ketiga tahunnya dan terus menerusnya pengembangan bangunan gedung perkuliahan dan pengembangan sarana pendukung lainnya, maka pada tanggal 6 Juli 2000 berdiri lagi Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darmajaya (STIE Darmajaya) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 101/D/0/2000 dengan menetapkan status terdaftar untuk program studi:Manajemen (S1), Akuntansi (S1) dan Akuntansi (D3).

Darmajaya terus berbenah untuk menjadi lebih baik dalam memposisikan
diri sebagai perguruan tinggi yang konsen dengan perkembangan Informatika dan Bisnis.

Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 167/D/0/2008 tanggal 20 Bulan Agustus Tahun 2008, status STMIK-STIE Darmajaya berubah menjadi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya. Perubahan status ini membuktikan bahwa IBI Darmajaya diakui mempunyai keunggulan dibidang Informatika & bisnis dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat pada IBI Darmajaya.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Darmajaya mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan peningkatan status STMIK-STIE Darmajaya menjadi Informatics dan Business Institute (IBI) Darmajaya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 167/D/0/2008 tanggal 20 bulan Agustus tahun 2008.

Izin tersebut segera akan ditindak lanjuti dengan peresmian logo baru IBI Darmajaya sekaligus launching IBI di Kampus setempat pada Tanggal 28 Agustus 2008 bertepatan dengan kegiatan Pembukaan Orientasi Masa Studi (Ories) IBI yang diikiuti oleh 1.200 mahasiswa baru di kampus yang terkenal dengan ikon kampus baru tersebut. Dengan adanya perubahan ini maka makin terbukalah peluang IBI Darmajaya untuk lebih berkiprah pada skala Nasional dan Internasional dengan kapasitas kelembagaan yang fokus dalam bidang ilmu Komputer dan Bisnis. Lebih membanggakan lagi IBI Darmajaya merupakan Institut Informatika dan Bisnis pertama dan satu-satunya di luar Jakarta.

Perubahan status ini menjadi bukti bahwa STMIK-STIE Darmajaya diakui mempunyai keunggulan dibidang Informatika dan Bisnis dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya Lampung yang selama ini telah melakukan pembenahan dalam upayameningkat kualitas pendidikan di Provinsi Lampung sehingga berdampakpula pada kualitas pendidikan Nasional. Pembenahan ini dilakukan pada semua aspek, mulai dari sistem pembelajaran dan akademik melalui perubahan dan meningkatan kualitas kurikulum berbasis kompetensi, peningkatan kualitas dosen dan karyawan, peningkatan kualitas layanan, re-organisasi struktur yang ada. Dengan peningkatan status yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah melalui Menteri Pendidikan ini, kami sangat berharap kepercayaan masyarakat kepada kami makin terus tumbuh dan berkembang, papar Rektor IBI Darmajaya, Dr.Andi Desfiandi, SE,MA.
Kemudian untuk makin menunjang kegiatan akademik, saat ini pusat data di Darmajaya telah terintegrasi secara terpusat dengan di kembangkannya Sistem Informasi Terpadu (SIT), meretas jalan menuju ISO 9001:2000, penguatan fungsi lembaga penjaminan mutu atau quality assurance (QA) yang akan membantu segenap aktivitas akademik Darmajaya tetap berada direl jaminan kualitas pendidikan terbaik.
Untuk makin mewujudkan pendidikan berkualitas, IBI Darmajaya selain mengunggulkan program regular informatika dan bisnis, telah pula memiliki program International class bekerjasama dengan Higher Education Lierning Philoshopy (HELP) University College Malaysia.
Program ini memungkinkan mahasiswa untuk kuliah di dua tempat sekaligus dan mengambil gelar Nasional dan Internasional.Perkuliahan dilaksanakan di IBI Darmajaya saja atau dapat juga kuliah di HELP University College Malaysia yang berafiliasi dengan 100 Universitas lainnya.








2.3 Profil IBI Darmajaya
Darmajaya adalah salah satu institusi pendidikan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Provinsi Lampung, berdiri pada tahun 1995, dibawah naungan YayasanPendidikanAlfian Husin. Nama “DARMAJAYA”, memiliki arti
“ Dharma Bhakti dan Jasa Yonidar Alfian”. Kampus Terpadu Darmajaya dibangun diatas tanah seluas 2,5 hektar, yang beralamat di jalan Zainal Abidin Pagar Alam, No.93B. Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Program Pendidikan dan bidang keilmuan yang diselenggarakan hingga saat ini adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  (STIE), total program studi yang diselenggarakan berjumlah 8 (delapan) program studi, yaitu masing-masing antara lain: STMIK (Teknik Informatika-S1, Sistem Komputer –S1, Sistem Informasi-S1, Manajemen Informatika-D3, Teknik Komputer-D3) dan STIE (Manajemen-S1, Akuntansi-S1, Akuntasi-D3).

Atas Kepercayaan yang diberikan Masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (DIKTI), STMIK-STIE DARMAJAYA telah tumbuh dan berkembang menjadi Perguruan Tinggi Besar dan memiliki reputasi baik sebagai Institusi Pendidikan. Selain itu langkah-langkah pembangunan kebutuhan dan peremajaan Sarana – Prasarana dan Fasilitas Pendidikan menjadipenting untuk menunjukan eksistensi dan kapasitasnya di dunia pendidikan.Hal ini merupakan tujuan Darmajaya untuk dapat menjadi fasilitator dan dinamisator pertumbuhan otonom daerah, guna pencapaian nasionalisasi dan internasionalisasi Darmajaya dibidang Pendidikan.

STMIK-STIE Darmajaya mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan dengan peningkatan status SMIK-STIE Darmajaya menjadi INFORMATICS&  BUSINESS INSTITUTE (IBI) DARMAJAYA melalui Surat Keputusan    Mentrei Pendidikan No.167/D/O/2008 Tanggal 20 Agustus 2008.

Perubahan status ini membuktikan bahwa STMIK-STIE Darmajaya diakui mempunyai keunggulan di bidang informatika dan bisnis, dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya.

Informatics & Business Institute (IBI) Darmajaya saat ini telah merupakan bentuk lain dari kelas regular yang diselenggarakan oleh IBI Darmajaya. Kelas yang dibuka untuk jenjang pendidikan Strata Satu (S1) ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada para eksekutif muda yang ingin melanjutkan pendidikan dijenjang yang lebih tinggi. Selain kelas Reguler, Esktensi dan Eksekutif IBI Darmajaya dibuka juga kelas Double Degree dimana mahasiswa dapat mengikuti di dua jurusan sekaligus di IBI Darmajaya dengan biaya yang sangat terjangkau dan waktu yang lebih singkat.

Informatics & Business Institute (IBI) Darmajaya telah pula merintis Internasional Class yaitu suatu program yang memungkinkan siswa kuliah di bawah kurikulum internasional untuk meraih gelar internasional dari universitas luar negeri. Selain itu, IBI Darmajaya juga telah membuka Program Pascasarjana yaitu Magister Manajemen (MM) dan Magister Teknologi Informasi (MTI) .

Pada tanggal 11 dan 12 Mei 2009, Tim Audit Eksternal dari lembaga sertifikasi  ISO terkemuka URS (United Registrar of Systems) yang berpusat di Inggris dan berkedudukan di Jakarta untuk Indonesia telah melakukan proses audit dan memastikan bahwa  URS mengeluarkan sertifikat ISO9001:2008/IWA 2 bagi IBI Darmajaya untuk Bidang Pendidikan yang merupakan standar internasional terbaru dalam Quality Management System
(QMS) yang baru dikeluarkan oleh “Internasional Organization for Standarization” pada bulan Desember 2008.Standar baru ini merupakan penyempurnaan dari ISO 9001 versi 2000, dengan pendetilan pada area IT support, outsourcing, dan pengukuran customer satisfaction, sehingga kualitas yang diterapkan lebih baik dari system yang hanya mengacu ke ISO 9001:2008.
2.4 Struktur Organisasi IBI Darmajaya
Struktur Organisasi IBI Darmajaya
 2.5 Lambang dan Makna
2.5.1 Bentuk lambang
Logo Perguruan Tinggi Informatics and Business Intitute (IBI) Darmajaya
Gambar 2.3 Logo IBI Darmajaya

2.6  Makna Logo Perguruan Tinggi IBI Darmajaya
2.6.1 Bentuk
Lambang Perguruan Darmajaya berbentuk perisai yang dikelilingi oleh garis tepi berwarna kuning emas dan biru bertuliskan  INFORMATICS & BUSINESS INSTITUTE DARMAJAYA yang menggambarkan keagungan dan keluhuran budi serta tekad dan kesanggupan seluruh civitas academica Perguruan Tinggi Darmajaya untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945. Dengan memajukan sektor pendidikan maka rakyat di Indonesia dan di Lampung khususnya dapat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan dengan  berdasarkan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.6.2 Unsur Lambang
·      Garis tepi warna kuning emas
·      Garis tepi warna biru dengan tulisan Informatics & Business Institute Darmajaya
·      Siger Emas
·      Padi dan Kapas
·      Bola Dunia
·      Perisai putih dengan bingkai berwarna biru yang membagi perisai menjadi tiga bagian dengan masing-masing gambar sebagai berikut :
1.    Buku yang sedang terbuka
2.    Gajah Lampung
3.    5 Bintang yang sedang bersinar terang
    
2.7  Atribut dan Lambang
1.      Garis tepi warna biru dengan tulisan INFORMATICS & BUSINESS INSTITUTE DARMAJAYA melambangkan bahwa seluruh civitas academica IBI Darmajaya harus memiliki sifat setia dan patuh dalam menjalankan tugas dan kewajiban belajar dan mengajar demi kemajuan ilmu pendidikan di Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
2.      Garis tepi warna kuning emas menggambarkan keagungan dan keluhuran budi civitas academica Perguruan Tinggi Darmajaya yang senantiasa terpancar untuk kemajuan pendidikan di tanah lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
3.      Siger berwarna kuning keemasan dengan 9 (Sembilan) buah mahkota
Mencirikan bahwa IBI Darmajaya terletak di Provinsi Lampung dan siap
4.      Menjunjung tinggi kebudayaan daerah sebagai bagian dari kebudayaan bangsa yang harus senantiasa dilestarikan.
5.      Melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Dengan meningkatkan ilmu pengetahuan maka kemakmuran dan kesejahteraan dapat diwujudkan Setangkai Padi dan Kapas.
6.      Bola Dunia menggambarkan tugas dan fungsi IBI Darmajaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa secara menyeluruh/global.
7.      Pita warna putih dengan tulisan EDUCATION UNIVERSALIS yang berarti bahwa IBI Darmajaya secara iklas dan bertanggung jawab bertekad untuk mewujudkan pendidikan yang berwawasan universal dan dapat dinikmati oleh semua anak bangsa.

8.      Perisai putih dengan bingkai berwarna biru yang membagi perisai menjadi tiga bagian dengan masing-masing gambar sebagai berikut :
a.       Buku yang sedang terbuka melambangkan keinginan seluruh civitas academica untuk siap meraih prestasi dalam ilmu dan teknologi serta iman dan taqwa secara terus menerus.
b.      Gajah Lampung melambangkan kekuatan, ketaatan, jiwa kerja keras, gotong royong, semangat tinggi, kesabaran, dan patang menyerah. Seluruh civitas academica harus mengadaptasi sikap dan sifat baik ini agar dapat mewujudkan cita-cita bersama yaitu kecerdasan anak bangsa.
c.       Bintang yang sedang bersinar terang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Jumlah 5 Bintang melambangkan PANCASILA yang harus senantiasa menjadi pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku.

2.8  VISI dan MISI Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya
2.8.1 Visi
Menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing berbasis teknologi dan bisnis.
2.8.2 Misi
·      Melaksanakan system pembelajaran yang kreatif dan adaptif  terhadap kemajuan teknologi dan bisnis.
·      Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang inovatif serta relevan dengan kebutuhan stakeholder.
·      Menciptakan lingkungan pembelajaran dan penelitian yang kondusif.
·      Melaksanakan manajemen pendidikan tinggi yang bermutu dan akuntabel.
·      Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya dan berwawasan Technopreneurship.


2.9. Motto IBI Darmaya
 “ONE STEP A HEAD TOWARD GLOBALIZATION”, motto IBI    Darmajaya di ciptakan oleh Bapak Ir. Firmansyah Y.A., M.B.A., M. SC., untuk membentuk motivasi dan mendukung visi, misi dan tujuan Darmajaya yang mencerminkan bahwa Darmajaya akan selalu lebih maju.

2.10.Logo Maskot IBI Darmajaya
Gambar 2.4 Maskot IBI Darmajaya

“SI SMART, seekor lumba-lumba biru dengan tulisan SI SMART yang mengenakan toga dan berkalungkan lambang  Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya dengan pita biru. SI SMART IBI Darmajaya akan memadu seluruh civitas academica IBI Darmajaya untuk menerapkan nilai-nilai baik yaitu Smart, Innovative, Synergy, Manner, Adaptive, Resvonsive, dan Trustworthy.
“Lumba-lumba adalah salah satu hewan paling cerdas, tanggap, selalu rela menolong sesama makhluk-Nya, mampu bekerja sama dalam kelompok dan di luar kelompok nya. Mampu beradaptasi, dapat di percaya, penampilan sangat unik. Sikap ramah dan menyenangkan tampaknya telah membuat mereka popular dalam kebudayaan manusia.
Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya mengadopsi seluruh nilai luhur dan kebaikan dari lumba-lumba untuk dijadikan mascot IBI Darmajaya. Seluruh nilai yang di rangkum dari singkatan nama Si Smart itu, menjadi tuntunan bagi seluruh civitas Darmajaya untuk menjadi insan yang cerdas dan intelek, inovatif, mampu bekerja sama dengan tim, berprilaku dan berkarakter baik. Mampu beradaptasi, responsif terhadap setiap perubahan yang positif sehingga memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai institusi yang mempunyai citra  sebagai perguruan tinggi yang unggul.


            BAB 3
PENEMPATAN SISWA PRAKERIN DAN PROSES KERJA
DI BAGIAN PERAWATAN DAN SECURITY
3.1. Struktur Organisasi perawatan


BIRO MAL

KABAG ASET

KABAG LOGISTIK

KABAG P&S

STAF ADM

PK komput

Taman

Security

Listrik

Sipil
3.2 Proses Kerja Di Perawatan Komputer
3.2.1 Kegiatan Siswa di Perawatan Komputer
Selama saya berada di perawatan komputer, secara garis besar kegiatan saya adalah sebagai berikut :
1. Isi Ulang Toner
2. Melakukan instalasi pc
3. Perawatan pc
4. Perawatan printer
3.2.2 Cara  Mengisi Ulang Toner 35a / 36a / 85a / 76a
     Berikut saya tampilkan urutan langkah-langkah isi ulang cartridge Hp Laser Jet type 36a, 35a, 85a, dan 76 a, ke empat cartridge tersebut langkah-langkah isi ulangnya relatif sama. Sebelum proses dimulai, siapkan alat dan bahan

-bahan berikut :

1.      Obeng (+)dan (-)
2.      Vacum cleaner (jika ada)
3.      Lap
4.      Kuas
5.      Serbuk Toner


Langkah-langkah mengisi ulang Toner :
-          Buka sekrup pada casing samping           
-          Buka dan lepaskan casing samping          
-          Pisahkan kedua bagian cartridge, yaitu bagian pembuangan dan bagian tampungan toner
-          Ambil cartridge bagian tampungan toner, lepaskan sekrup yang ada disamping
-          Masih pada bagian tampungan toner, lepaskan casing samping yang sekrupnya telah dilepas
-          Ambil dan angkat part cartridge, yaitu magnet roll
-          Angkat dan lepaskan part cartridge yaitu docter blade
-          Angkat  dan lepaskan part cartridge yaitu docter blade
-          Bersihkan sisa-sisa toner yang ada pada bagian tampungan toner dengan menggunakan vacum cleaner, jika tidak ada vacum cleaner bersihkan dengan alat seadanya. yang terpenting tampungan bersih dari sisa-sisa toner 
-          Bersihkan magnet roll
-          Bersihkan docter blade
-          Beralih pada cartridge bagian pembuangan, kemudian lepaskan OPC drum dengan hati-hati jangan sampai terluka
-          Lepaskan PCR, dan bersihkan toner sisa pembuangan yang ada pada tampungan
-          Pasang kembali PCR pada tempatnya
-          Bersihkan semua part-part yang telah terlepas dengan tissue secara halus dan hati-hati 
-          Pasang opc drum  
-          Pasang docter blade
-          Isikan toner pada tampungannya, perlu diingat jangan sampai terlalu penuh
-          Pasang magnet roll           
-          Pasang cassing samping dan kencangkan sekrup
-          Ambil kedua bagian cartridge
-          Gabungkan antara keduanya
-          Pasang cassing samping paling luar
-          Kencangkan sekrupnya,
-          Cartridge siap untuk digunakan.



  CATATAN : untuk menghindari hasil print out yang kurang maksimal, usahakan setiap memegang  spare part cartridge jangan pada bagian tengahnya, tapi peganglah pada bagian tepi-tepi spare part, bila perlu setiap memegang spare part harus menggunakan tissue.
Dan juga, biasanya opc drum pada cartridge type 35a dan sejenisnya, hanya bisa dipakai satu kali, setelah diisi ulang biasanya hasil akan menurun, oleh karna itu pada refillan pertama ada baiknya anda juga mengganti opc drum.

3.2.3 Etika Kerja (WORK ETHIC)
Tujuan : Siswa mendapatkan pengetahuan mengenai etika kerja, sehingga ketika melakukan kerja praktek dapat berpola laku baik dan professional.
Ikhtisar : Etika kerja mengatur anda bersikap, bertindak dalam lingkungan dimana anda bekerja. Hal menyangkut hubungan anda dengan atasan, sesama rekan kerja ataupun bahkan tamu perusahaan.
Sikap selama bekerja :
1.      Bekerja dengan sikap yang benar, jangan menimbulkan sikap antipati oranglain atas sikap anda
2.      Tempat kerja adalah tempat untuk bekerja.
3.      Sigap bila dipanggil atasan.
4.      Menjaga tempat kerja agar tetap rapi.
5.      Menginformasikan apabila meninggalkan tempat kerja.


KaBag. Perawatan dan Security
                                                                    IBI Darmajaya Bandar Lampung

RONALD EFRIMANJAYA

NIK.00660403


BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
1.      Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi para siswa – siswi khususnya siswa – siswi SMK Negeri 1 ketapang. Dengan adanya kegiatan prakerin siswa dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2.      Prakerin merupakan kegiatan praktek diluar jam sekolah yang bekerjasama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerjasama dengan masyarakat luar.
3.      Prakerin dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa-siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat menagamalkan apa yang telah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerin ini adalah:
a.       Kampus IBI Darmajaya ini mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para pegawai.
b.      Dalam ruang Pusat Komputer (PUSKOM) Hardware dan Jaringan dan PSI, TI/SI,TK/SK terdapat computer yang telah tersambung dengan fasilitas internet sehingga dapat membantu para pegawai.
5.      Adapun proses kerja ditempat prakerin adalah :
a.       Ternyata penginstallan windows sangat mudah. Karena hanya dibutuhkan pemahaman tersendiri agar kita bias menginstall windows itu sendiri.
b.      Ternyata pengisian toner tidak sesulit yang saya bayangkan,hanya saja pada saat pengisian kita pasti kotor.



4.2 Saran
Beberapa hal yang kami temukan di dunia usaha saat pelaksanaan prakerin yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat menggikuti pembelajaran di kelas terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain :
1.    Sekolah perlu memberikan penekanan pada pengguasaan keterampilan yang relevan  dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta prakerin dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
2.    Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang berlaku pada instansi pemerintahan maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan prakerin pada instansi dunia usaha, para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.
3.    Harapan saya supaya :
§  Proses pembelajaran di tingkatkan.
§  Tiap jurusan harus di aktifkan saat jam praktek.
§  Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 ketapang.
Dengan demikian laporan prakerin ini saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 ketapang.







DAFTAR PUSTAKA













LAMPIRAN
3. Bubuk Toner Laser
Fungsi : Sebagai bahan isian cartridge printer laser
4.OPC DRUM
Fungsi : Media pembentuk pola image elektrostatis yang sesuai dengan data pola image digital yang dikirim oleh komputer.
5.WIPER BLADES
Fungsi : Membersihkan permukaan OPC drum dari toner sisa, yang tidak ikut terlekat pada kertas.

6.PCR (Primary Charge Roller)


Fungsi :  menetralkan permukaan OPC Drum yang masih bermuatan negatif karena efek penyinaran laser.


7.DOCTOR BLADES
Fungsi : Mengatur banyaknya toner yang akan diambil oleh magnetik.
8.MAGNETIC ROLLER SLAVE
Fungsi : Mengambil toner (bermuatan positif) dari toner hopper, untuk dikirim pada permukaan OPC Drum yang telah bermuatan negatif.



9.CHIP RESETER
Fungsi : Sebagai sensor kapasitas toner, jika sensor mendeteksi cartridge telah habis, maka cartridge tidak bisa digunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar