Senin, 25 Februari 2013

sejarah komputer

Pengertian komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Generasi komputer

Generasi pertama

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Generasi ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Generasi kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.


LAN

LAN nirkabel (bahasa Inggris: Wireless LAN) adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel.
LAN nirkabel adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antara perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang tipikalnya bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.

Daftar isi

Sejarah

LAN nirkabel diharapkan berlanjut menjadi sebuah bentuk penting dari sambungan di banyak area bisnis. Pasar diharapkan tumbuh sebagai manfaat dari LAN nirkabel diketahui. Frost & Sullivan mengestimasikan pasar LAN nirkabel akan menjadi 0,3 miiyar dollar AS dalam 1998 dan 1,6 milyar dollar di 2005. Sejauh ini LAN nirkabel sudah diinstal in universitas-universitas, bandara-bandara, dan tempat umum besar lainnya. Penurunan biaya dari peralatan LAN nirkabel juga membawanya ke rumah-rumah. Namun, di Inggris biaya sangat tinggi dari penggunaan sambungan seperti itu di publik sejauh ini dibatasi untuk penggunaan di tempat tunggu kelas bisnis bandara, dll. Pasar masa depan yang luas diramalkan akan pulih, kantor perusahaan dan area pusat dari kota utama. Kota New York telah memulai sebuah pilot program untuk menyelimuti seluruh distrik kota dengan internet nirkabel. Perangkat LAN nirkabel aslinya sangat mahal yang hanya digunakan untuk alternatif LAN kabel di tempat dimana pengkabelan sangat sulit dilakukan atau tidak memungkinkan. Seperti tempat yang sudah dilindungi lama atau ruang kelas, meskipun jarak tertutup dari 802.11b (tipikalnya 30 kaki.) batas dari itu menggunakan untuk gedung kecil. Komponen LAN nirkabel sangat cukup mudah untuk digunakan di rumah, dengan banyak di set-up sehingga satu PC (PC orang tua, misalnya) dapat digunakan untuk share sambungan internet dengan seluruh anggota keluarga (pada saat yang sama tetap kontrol akses berada di PC orang tua). Pengembangan utama meliputi solusi spesifik industri and protokol proprietary, tetapi pada akhirn 1990-an digantikan dengan standar, versi jenis utama dari IEEE 802.11 (Wi-Fi) (lihat artikel terpisah) dan HomeRF (2 Mbit/s, disarankan untuk rumah di Inggris ). Sebuah alternatif ATM-seperti teknologi standar 5 GHz, HIPERLAN, sejauh ini tidak berhasil di pasaran, dan dengan dirilisnya yang lebih cepat 54 Mbit/s 802.11a (5 GHz) dan standar 802.11g (2.4 GHz), hampir pasti tidak mungkin.

Kekurangan

Masalah kurangnya keamanan dari hubungan nirkabel telah menjadi topik perdebatan. Sistem keamanan yang digunakan oleh WLAN awalnya adalah WEP, tetapi protokol ini hanya menyediakan keamanan yang minimum dikarenakan kekurangannya yang serius. Pilihan lainnya adalah WPA, SSL, SSH, dan enkripsi piranti lunak lainnya.

Keamanan

Pada jaringan kabel, satu dapat sering, pada beberapa derajat, akses tutup ke jaringan secara fisik. Jarak geografi dari jaringan nirkabel akan secara signifikan lebih besar lebih sering daripada kantor atau rumah yang dilingkupi; tetangga atau pelanggar arbritrary mungkin akan dapat mencium seluruh lalu lintas dan mendapat akses non-otoritas sumber jaringan internal sebagaimana internet, secara mungkin mengirim spam atau melakukan kegiatan illegal menggunakan IP address pemilik, jika keamanan tidak dibuat secara serius.
Beberapa advocate akan melihat seluruh titik akses tersedia secara terbuka,tersedia untuk umum, dengan dasar bahwa semua orang akan mendapat manfaat ketika berlalu lintas secara online.

Mode dari operation

Peer-to-peer atau mode ad-hoc Mode ini adalah metode dari perangkat nirkabel untuk secara langsung mengkomunikasikan dengan satu dan lainnya. Operasi di mode ad-hoc memolehkan perangkat nirkabel dengan jarak satu sama lain untuk melihat dan berkomunikasi dalam bentuk peer-to-peer tanpa melibatkan titik akses pusat. mesh Ini secara tipikal digunakan oleh dua PC untuk menghubungkan diri, sehingga yang lain dapat berbagi koneksi Internet sebagai contoh, sebagaimana untuk jaringan nirkabel. Jika kamu mempunyai pengukur kekuatan untuk sinyal masuk dari seluruh perangkat ad-hoc pegukur akan tidak dapat membaca kekuatan tersebut secara akuratr, dan dapat misleading, karena kekuatan berregistrasi ke sinyal terkuat, seperti computer terdekat.

Titik Akses / Klient

Paling umum adalah titik akses melalui kabel ke internet, dan kemudian menghubungi klien nirkabel (tipikalnya laptops) memasuki Internet melalui titik akses. Hampir seluruh komputer dengan kartu nirkabel dan koneksi kabel ke internet dapat di-set up sebagai Titik Akses, tetapi sekarang ini satu dapat membeli kotak bersangkutan dengan murah. Kotak-kotak ini biasanya berbentuk seperti hub atau router dengan antena, jembatan jaringan nirkabel atau jaringan ethernet kabel. Administrasi dari titik akses (sepeti setting SSID, memasang enkrypsi, dll) biasanya digunakan melalui antarmuka web atau telnet.
Jaringan rumah tipikalnya mempunyai sebuah akses stand-alone tersambung kabel misalnya melalui koneksi ADSL, sementara hotspots dan jaringan profesional (misalnya menyediakan tutup nirkabel dalam gedung perkantoran) tipikalnya akan mempunyai titik akses banyak, ditempatkan di titik strategis.

Sistem Distribusi Nirkabel

Ketika sulit mendapat titik terkabel, hal itu juga mungkin untuk memasang titik akses sebagai repeater.

Stasiun Pengamatan

Beberapa kartu jaringan nirkabel dapat diset up untuk to memonitor sebuah jaringan dengan menghubungkan ke titik akses atau berkomunikasi sendiri. Hal ini dapat digunakan untuk membersihkan penciuman-activitas teks, atau to enkripsi crack.

Masalah kesehatan

Lihat pula

Pranala luar

Wireless Equipment Manufactures

keamanan jaringan



Keamanan Komputer seperti yang dikatakan oleh John D. Howard, seorang Analisys Of Security Incidents On The Internet pada tahun 1989-1995, mengatkan bahwa : Computer Security is preventing attackers form achieving objectives through unathorized access or unauthorized use of computers & networks.

Jaringan internet bersifat publik. Sehingga memungkinkan arus informasi bisa disadap oleh pihak lain. Untuk itu keamanan menjadi useful terhadap kenyamanan jaringan komputer dan vulnerability suatu jaringan.
Adapun yang termasuk sistem keamanan komputer sebagai berikut “ 

  • Hacker
Asal pertama kata “Hacker” sendiri berawal dari sekitar thun 60-an di Las Vegas di adakan sebuah permainan (Game) yang menggunakan system jaringan komputer (networking) dimana cara permainan itu satu sama lain berusaha untuk masuk ke system komputer lawan (pemain lainya) dan melumpuhkannya. dari sinilah kemudian orang-orang menamakan sekelompok anak-anak muda yang mengikuti permainanan ini sebagai “Hackers” yaitu sekelompok anak-anak muda yang mampu menjebol dan melumpuhkan system komputer orang.

  • Cracker
Sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

  • White Hat
Istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan black hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

    Sistem Keamanan Jaringan Komputer
  • Black Hat
Istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada peretas yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa ijin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Istilah cracker diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu kepada peretas dalam arti ini.

  • Script Kiddies
Tingkatan level yang paling rendah, Mereka hanya tahu tentang dasar bagaimana memodifikasi Script atau Program dengan mencari artikel pendukung di internet, forum maupun Youtube. Segala informasi mereka kumpulkan untuk mengubah script yang sudah ada dengan cara coba-coba. Kemampuan mereka dalam membuat atau merusak suatu program tergolong rendah.

  • Elite Hacker
Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistemoperasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrogramman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil,menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman dapat memasuki sistem tanpa di ketahui, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.

  • Vulnerable
Sesuatu yang bertalian dengan sistem komputer yang memungkinkan seseorang mengoperasikan dan menjalankannya dengan benar, atau memungkinkan pihak tak berwenang (bisa hacker) mengambil alih. Ada banyak tipe vulnerability. Ada miskonfigurasi dalam setup service, atau flaw programming service.

  • Security Hole
Merupakan Celah dari keamanan system/ mesin Hal tersebut disebabkan karena adanya kelemahan-kelemahan di dalam konfigurasi suatu sistem (Configuration Vulnerabilities) dll,sehingga dimanfaatkan untuk menyusup ke dalam suatu jaringan komputer tanpa diketahui pengelolanya

  •  Bug
sebuah kesalahan, error, kekurangan, atau kegagalan yang sering terjadi pada program komputer sehingga menghambat jalannya program sebagaimana mestinya
  •  Exploit
perangkat lunak yang menyerang kerapuhan keamanan (security vulnerability) yang spesifik namun tidak selalu bertujuan untuk melancarkan aksi yang tidak diinginkan. Banyak peneliti keamanan komputer menggunakan exploit untuk mendemonstrasikan bahwa suatu sistem memiliki kerapuhan.

  • Logical Bomb
merupakan program yang dimasukkan ke dalam suatu komputer yang bekerja untuk memeriksa kumpulan kondisi di dalam suatu sistem. Jika kondisi yang dimaksud terpenuhi, maka program akan mengeksekusi perintah yang ada di dalamnya. Program ini berjalan jika ada pemicu. Biasanya pemicunya adalah jika user menjalankan program tertentu atau menekan salah satu tombol keyboard.

  • Penetration Testing
Uji coba yang melakukan verifikasi dari mekanisme perlindungan yang dibuat oleh sistem/Pengujian Terhadap Kelemahan Sistem Informasi Perusahaan

UBUNTU

Ubuntu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ubuntu
Ubuntu logo
Ubuntu 12.04 Final Live CD Screenshot.png
Ubuntu 12.04 LTS desktop (Precise Pangolin)




























Situs web resmi www.ubuntu.com
Ubuntu (play /ʊˈbʊnt/) merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama"[7]. Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Daftar isi

Filosofi

Ubuntu mempunyai filosofi sebagai berikut :
  • bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
  • bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik
  • bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mendapatkan, mengubah, dan mendistribusikan perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan tanpa halangan apapun[8]
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Sejarah dan Pengembangan

Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.[9][10]
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS)[9] selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang akan dirilis April 2012 akan mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun[10]. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.[11]
Paket-paket software Ubuntu berasal dari paket tidak stabil Debian; Ubuntu memakai format paket dan manajemen paket Debian (APT dan Synaptic). Paket Debian dan Ubuntu seringkali tidak cocok. Paket Debian sering kali perlu dibuat ulang dari source agar dapat dipakai di Ubuntu[12], begitu juga sebaliknya. Ubuntu bekerja sama dengan Debian untuk berusaha agar perubaha-perubahan sistem Ubuntu mengarah kembali ke Debian[13], namun hal ini hampir tak terlaksana. Penemu Debian, Ian Murdock, pernah berkata bahwa paket Ubuntu berpotensi mengarah terlalu jauh dari Debian[14]. Sebelum setiap rilis Ubuntu, paket-paket diambil dari paket tidak stabil Debian dan digabung dengan modifikasi Ubuntu. Sebulan sebelum perilisan, pengambilan paket dihentikan dan kerja selanjutnya adalah memastikan paket-paket yang sudah diambil bekerja dengan baik.

Ubuntu sekarang dibiayai oleh Canonocal Ltd. Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation dan memberikan pendanaan awal sebesar US$10 juta. Tujuan dari pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.[15]
Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.[16]

Fitur

Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software[17]. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetap ada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas. Ubuntu juga berfokus pada internasionalosasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang[18]. Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan.[19]
Desktop Ubuntu memakai desktop environment graphis. Sebelum Ubuntu 11.04 interaksi grafis pengguna adalah GNOME Panel, namun setelah versi 11.04, berubah menjadi Unity. Unity adalah interface yang dikembangkan oleh Canonical yang awalnya dirancang untuk edisi Netbook.[20]
Ubuntu terinstall dengan banyak software multiguna diantaranya
dan beberapa software juga termasuk ke dalam CD installasi sebelum Ubuntu 11.04 sepert Transmision, GIMP. Namun software tersebut dihilangkan dari CD installasi karena ukurannya yang besar. Ubuntu juga dapat menjalankan program Windows lewat Wine atau Virtual Machine (seperti VMware workstation atau Virtual Box).
Ubuntu, tidak seperti Debian, mengompile paket mereka menggunakan fitur gcc seperti PIE dan proteksi Buffer Overflow untuk memproteksi software mereka. Fitur Ekstra tersebut menambah keamanan secara signifikan dengan pemakaian performance hanya 1% pada 32 bit dan 0,01% pada 64 bit.[21]

Persyaratan Sistem

Versi Desktop Ubuntu sekarang mendukung x86 32 bit dan 64 bit. Dukungan tidak resmi juga tersedia untuk PowerPC,[22] IA-64 (Itanium), Playstation 3 (Namun Sony telah mencabut dukungan untuk OtherOS lain pada 1 April 2011), dan beberapa handphone. [23]GPU yang didukung diperlukan untuk menjalankan efek visual seperti Unity Shell. Dalam kasus GPU yang tidak memadai, Unity dapat direduksi menjadi Unity 2D yang membutuhkan hardware yang lebih rendah.
Kebutuhan Minimal[24][25][26][27] Server Desktop
Processor 300 MHz 700 MHz
Memory (RAM) 128 MiB 384 MiB
Hard Drive (ruang kosong) GB 5 GB
Monitor Resolution 640×480 1024×768

Installasi


Ubuntu Desktop 11.04 Live CD
Ubuntu pada umumnya dapat diinstal dari CD atau dapat diinstal melalui USB. Sistem operasi Ubuntu dapat dijalankan dari Live CD (seringkali dengan kehilangan performa yang signifikan), sehingga pengguna dapat mengecek kecocokan hardware dan dukungan driver sistem operasi. CD juga mempunyai Ubiquity Installer[28], sehingga penggguna dapat menginstall Ubuntu pada komputer secara permanen. Semua CD Ubuntu dapat diunduh di website Ubuntu[29]. Penginstallan dari CD membutuhkan RAM minimal 256 MB.
Pengguna dapat mengunduh disk image (.iso) dari CD, yang kemudian dapat ditulis (burn) ke media fisik (CD atau DVD), atau dijalankan langsung dari hard drive (memakai UNetbootin atau GRUB). Ubuntu juga dapat dijalankan di ARM, PowerPC, SPARC, dan IA-64, namun platform-platform tersebut tidak didukung secara resmi.[30]
Canonical menawarkan CD installasi Ubuntu[31] dan Kubuntu dengan distribusi terbaru gratis (namun dihentikan pada April 2011), termasuk membayar biaya pos untuk tujuan banyak negara di seluruh dunia (lewat servis pengantaran ShipIt).
Perangkat migrasi Microsoft Windows, yang bernama Migration Assistant (diperkenalkan pada April 2007), [32]dapat digunakan untul mengambil bookmark, wallpaper, dan dari MS Windows ke installasi Ubuntu yang baru.[33]
Ubuntu dan Kubuntu dapat diboot dan dijalankan dari USB Flash drive (selama BIOS mendukung booting dari USB), dengan pilihan untuk menyimpan setting ke flashdrive. Hal ini membuat pengguna dapat menginstall Ubuntu dari flash disk, serta dapat menjalankan Ubuntu tanpa membuat perubahan pada hard drive pengguna. Untuk Ubuntu versi yang baru, program USB creator sudah tersedia untuk menginstall Ubuntu ke USB drive dengan atau tanpa LiveCD[34].

Wubi, yang merupakan pilihan alternatif dari Live CD,[35] merupakan installer yang berjalan dari windows (sebagai image yang besar yang diatur seperti program windows lain dan dikontrol oleh Control Panel Windows). Metode ini tidak membutuhkan partisi dari hard drive Windows pengguna. Wubi juga dapat memigrasikan setting pengguna dari Windows.

Rilis

Versi Kode nama Tanggal Perilisan Didukung sampai
Desktop Server
4.10 Warty Warthog 20-10-2004 2006-04-30
5.04 Hoary Hedgehog 08-04-2005 2006-10-31
5.10 Breezy Badger 13-10-2005 2007-04-13
6.06 LTS Dapper Drake 01-06-2006 2009-07-14 2011-06-01
6.10 Edgy Eft 26-10-2006 2008-04-25
7.04 Feisty Fawn 19-04-2007 2008-10-19
7.10 Gutsy Gibbon 08-10-2007 2009-04-18
8.04 LTS Hardy Heron 24-04-2008 2011-05-12 2013-04
8.10 Intrepid Ibex 30-10-2008 2010-04-30
9.04 Jaunty Jackalope 23-04-2009 2010-10-23
9.10 Karmic Koala 29-10-2009 2011-04-30
10.04 LTS Lucid Lynx 29-04-2010 2013-04 2015-04
10.10 Maverick Meerkat 10-10-2010 2012-04
11.04 Natty Narwhal 28-04-2011 2012-10
11.10 Oneiric Ocelot 13-10-2011 2013-04
12.04 LTS Precise Pangolin 26-04-2012 2017-04
12.10 LTS Quantal Quetzal 18-10-2012 2014-04
Warna Arti
Merah Sudah tidak didukung
Hijau Masih didukung
Biru Rilis masa depan
Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Angka pertama adalah tahun, angka kedua adalah bulan perilisan. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004.[36] Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).[37]
Rilis dijadwalkan satu bulan setelah perilisan GNOME (yaitu satu bulan setelah perilisan X.org). Sehingga setiap prilisan dari Ubuntu memiliki versi GNOME dan X yang diperbarui.
Peningkatan antara rilis harus dilakukan dari satu versi ke versi berikutnya (contoh: dari Ubuntu 11.04 ke Ubuntu 11.10). Namun, versi LTS dapat langsung ditingkatan ke versi LTS selanjutanya (contoh: dari Ubuntu 08.04 LTS ke 10.04 LTS).[38]
Ubuntu 11.04 yang dirilis pada 28 April 2011 "Natty Narwhal"[39][40] memiliki antarmuka yang sangat berbeda dari rilis-rilis Ubuntu sebelumnya. Ubuntu 11.04 memakai antarmuka Unity sebagai antarmuka grafis standar (GUI). Namun, masih dimungkinkan untuk kembali ke tampilan GNOME panel yang lama. Unity telah menerima banyak sekali kritik terutama dikarenakan pengembangan-nya yang mendadak sehingga masih belum sempurna[41][42]. Namun, beberapa pengguna lain lebih memilih pendekatan Unity dari pada desktop GNOME yang lama[43]. Unity pada Ubuntu 11.10 telah disempurnakan kali ini dibangun dari platform GNOME 3.2 (Ubuntu 11.04 dibangun di platform GNOME 2) sehingga menghasilkan lebih sedikit masalah dan efek visual yang lebih baik.
CD Ubuntu dapat diperoleh secara bebas/gratis dalam bentuk iso maupun kepingan CD. Bagi pengguna Internet di Indonesia dapat mengunduh berkas Ubuntu lebih cepat dari server-server yang ada di Indonesia dibandingkan mengunduh dari situs luar.

Desktop Environment

Ubuntu dilengkapi dengan banyak pilihan Desktop Environment, di antaranya yang paling terkenal adalah GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE.
  • GNOME: Semenjak pertama dirilis hingga saat ini GNOME merupakan desktop environment standar Ubuntu (Unity berdiri di atas platform GNOME). GNOME merupakan salah satu desktop environment yang paling populer di Linux dan dipergunakan secara luas. Pada April 2011, GNOME memperkenalkan GNOME Shell, sebuah framework yang terfokus. Banyak dari pengguna Ubuntu yang sudah beralih ke GNOME Shell karena tampilannya yang menarik.
  • Unity: Semenjak Ubuntu 11.04, Ubuntu telah menggunakan Unity sebagai Desktop Environment standarnya. Tidak seperti GNOME, KDE, Xfce, dan LXDE; Unity bukan merupakan kumpulan software melainkan hanya desktop environment yang menggunakan gtk+ yang sudah ada, dan berjalan di atas platform GNOME. Pada awal peluncurannya di Ubuntu 11.04, Unity menuai kritik yang sangat banyak karena masih memiliki banyak masalah, sehingga pada awalnya banyak pengguna masih memilih untuk memilih GNOME. Namun semenjak Unity disempurnakan pada Ubuntu 11.10, Unity kini lebih bebas dari masalah, dan efek visualnya semakin bagus.
  • KDE: (K Desktop Environment) merupakan desktop environment standar pada Kubuntu. KDE terkenal dengan desktop plasma-nya, namun desktop plasma tersebut membutuhkan daya hardware yang lebih besar pula sehingga tidak semua komputer dapat menjalankannya.
  • Xfce: Xfce adalah proyek desktop environment yang tujuannya adalah menciptakan desktop yang membutuhkan sedikit sumber daya hardware. Namun kebutuhan sumber daya hardware Xfce masih lebih tinggi dari pada LXDE. Xfce merupakan desktop environment standar Xubuntu.
  • LXDE: LXDE adalah proyek desktop environment yang bertujuan untuk membuat desktop yang cepat dan hemat energi. LXDE merupakan desktop environment standar Lubuntu.

Varian

Varian Ubuntu sangat banyak, namun hanya 3 yang didukung dan dibiayai secara resmi oleh Canonical Ltd. yaitu, Kubuntu,Xubuntu, dan Lubuntu.
Berikut adalah varian Ubuntu yang terkenal:
  • Kubuntu Ubuntu yang memakai KDE Plasma Workspace, Kubuntu membutuhkan sumber daya hardware yang lebih banyak dibanding Ubuntu.
  • Xubuntu Distribusi Ubuntu yang memakai Xfce desktop environment, membutuhkan lebih sedikit sumber daya hardware.
  • Lubuntu Distribusi Ubuntu yang memakai LXDE desktop environment, merupakan distribusi Ubuntu yang membutuhkan paing sedikit sumber daya hardware.
  • Edubuntu Salah satu proyek gabungan Ubuntu dan GNOME yang bertujuan untuk menciptakan sistem operasi untuk sekolah dan pengguna rumah.
  • Mythbuntu Distribusi Ubuntu yang didesain untuk membuat theater ruma dengan MythTV. Mythbuntu menggunakan Xfce desktop environment.

Edisi Server


installasi Ubuntu Server Edition
Ubuntu juga menawarkan sistem operasinya dalam edisi server. Versi saat ini adalah Ubuntu 10.04 Long Term Support (LTS) release, yang akan didukung hingga April 2015. Pembaruan akan meliputi fitur baru hardware komputer, pembaruan keamanan, dan pembaruan ubuntu stack (software cloud computing).(cloud computing infrastructure).[44]
Ubuntu menggunakan modul keamanan AppArmor untun Linux Kernel yang pada standarnya dinyalakan oleh kunci paket software, dan firewall sudah dikembangkan dari servis yang digunakan sistem operasi. Direktori home dan private directories juga dienkripsi. Ubuntu 10.04 Server Edition memiliki MySQL 5.1, Tomcat 6, Open JDK 6, Samba 3.4, Nagios 3, PHP 5.3, Pyton 2.6. Kebanyakan dari servis tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk dikonfigurasi.[44]
Ubuntu 10.04 LTS Server Edition mendukung arsitektur Intel x86 dan AMD64. Edisi server menyediiakan fitur seperti file/print services, web hosting, email hosting, dll. Ada beberapa perbedaan antara edisi server dan edisi desktop walaupun keduanya menggunakan repositori apt yang sama. Perbedaan utamanya adalah, pada edisi server X window environment tidak diinstall scara standar, walaupun antarmuka grafik dapat diinstall secara manual seperti Ubuntu desktop. CD Ubuntu Server Edition juga memiliki pilihan untuk menginstall Ubuntu Enterprise Cloud.[45]
Server Ubuntu juga didistribusikan secara gratis dam bebas. Pengguna dapat memilih untuk membayar untuk dukungan teknis dan konsultasi. Sukungan biasanya berupa kontrak dengan 9x5 jam bisnis seharga $750 per server, dan kontrak 24x7 untuk setiap tahun berharga $1,200.[44]

Galeri

CONTOH LAPORAN PKL DI IBI DARMAJAYA



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
INROFMATICS BUSINEES INSTITUTE DARMAJAYA
BANDAR LAMPUNG



Praktek Kerja Industri
Bidang Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan


Disusun Oleh :
NAMA                                    : I Wayan Suwardiana
NIS                                         : 569
BIDANG KEAHLIAN         : Teknik Komputer dan Jaringan

SMK NEGERI 1 KETAPANG
LAMPUNG SELATAN
Jln. Lintas Timur Parit 8 Berundung Kecamatan Ketapang
Kabupaten Lampung Selatan
Laporan Praktek Kerja Industri ini telah disahkan pada:
            Hari                 :
            Tanggal           :
Mengesahkan

Ketua Program
Teknik Komputer Dan Jaringan




Henny Febrina, S.Kom
NIP.19830228 201001 2 009
Pembimbing Du/Di
Kabiro pemasaran Humas & kerjasama




Rahmalia Syahputri,  S.kom.,M.Eng.Sc
NIK.01430206

Mengetahui
Kepala Sekolah
SMKN 1 Ketapang




MARJUKI, S.Pd.
NIP.19700122 198802 1 001
Wakil Rektor III
IBI DARMAJAYA Bandar Lampung




Novita Sari, S.Sos.,Mm
NIK.01071104
           


HALAMAN PERSETUJUAN

                        Nama               :I WAYAN SUWARDIANA
                        Kelas               : XI (Sebelas) Teknik Komputer dan  Jaringan
Sekolah           : SMK Negeri 1 Ketapang
Menyetujui

Pembimbing Prakerin
SMK Negeri 1 Ketapang




Herlis Noviana. S.kom
NIK.19820923 200902 2 002


Pembimbing Prakerin
Informatics and Businees Institute DARMAJAYA



Ahmad Ali, S.T
NIK.001590707

Mengetahui
Guru Penguji



Henny Febrina, S.Kom.
NIK.19830228 201001 2 009
Kepala bagian Perawatan & Security    IBI DARMAJAYA Bandar Lampung



Ronald Efrimanjaya
NIK.00660403
                                                Kata Pengantar

       Puji syukur saya Panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya, sehingga dapat menyelesaikan tugas laporan praktek kerja industri sebagai salah satu syarat Uji Kompetensi dan  Kelulusan Ujian Nasional. Saya telah berusaha semaksimal mungkin dalam mengerjakan laporan ini,  namun demikian  masih terdapat kekurangan dan jauh dari kesan sempurna, oleh karena itu pada kesempatan ini saya menyampaikan  rasa terima kasih  kepada semua pihak yang telah membantu saya untuk menyelesaikan laporan praktek kerja industri ini.
Dengan ini saya berterima kasih kepada kepala IBI DARMAJAYA yang selama kurang lebih 3 bulan ini telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Laporan  ini dapat terbuat dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah  maupun  pihak IBI DARMAJAYA, oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada  kedua orang tua saya, Kepala SMK  N 1 KETAPANG,dan semua pihak yang ada di IBI DARMAJAYA.
Akhir dari kesempatan  ini saya menyampaikan  terima  kasih  kepada  semua pihak yang turut membantu dalam upaya  penyelesaian  laporan  ini.  Saya juga mengharapkan saran demi perbaikan dan  penyempurnaan laporan ini. Dan semoga laporan  ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan dan bermanfaat bagi semua pembaca.

Ketapang, 5 Maret 2013
Kepala Sekolah,


MARZUKI. S.Pd
NIP.1970 0122 199802 1 001

                                                Ucapan Terima Kasih
       Dalam melakukan kegiatan prakerin dan menysun  laporan ini, saya banyak mengucapkan terima kasih kepada       :
1.      Informatics and Business Institute (IBI) DARMAJAYA Bandar Lampung, yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Prakerin.
2.      Bapak Marzuki, S.Pd., selaku kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ketapang.
3.      Bapak DR. Andi Desfiandi, SE., MA., selaku Rektor IBI DARMAJAYA.
4.      Ibu  Novita Sari, S.Sos.,Mm selaku Wakil Rektor III.
5.      Ibu Herlis Noviana, S.kom selaku guru pembimbing yang cukup banyak memberikan motifasi kepada kami.
6.      Bapak Ahmad Ali, S.T selaku pembimbing lapangan yang cukup banyak memberikan ilmu nya kepada saya.
7.      Bapak Ari Saputra dan Bapak Katibul Umam  selaku pembimbing  yang sudah berkenan  memberikan  ilmu nya kepada saya.
8.      Dan kepada semua pihak yang turut membantu dalam upaya penyelesaian laporan  ini.




                                           DAFTAR ISI
Halaman  Judul................................................................................................... 1
Halaman  Pengesahan......................................................................................... 2
Halaman  Persetujuan......................................................................................... 3
Kata  Pengantar.................................................................................................. 4
Ucapan  Terima  Kasih....................................................................................... 5
Daftar  Isi............................................................................................................. 6

BAB 1 PENDAHULUAN.................................................................................. 1  
1.1    Gambaran Umum Prakerin........................................................................ 1  
1.2    Tujuan Prakerin........................................................................................... 1
1.3    Tujuan Pembuatan Laporan...................................................................... 2
1.4    Batasan Masalah.......................................................................................... 2

BAB 2 HASIL OBSERVASI DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI........... 3
2.1 Lokasi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya..................... 3
2.2 Sejarah Singkat Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya..... 5
2.3 Profil IBI Darmajaya.................................................................................... 9
2.4 Struktur Organisasi IBI Darmajaya............................................................ 11
2.5 Lambang dan Makna................................................................................... 12
2.5.1 Bentuk Lambang............................................................................ 12
2.6  Makna Logo Perguruan Tinggi IBI Darmajaya....................................... 12
     2.6.1 Bentuk............................................................................................. 12
       2.6.2 Unsur Lambang.............................................................................. 12
2.7  Atribut dan Lambang.................................................................................. 13
2.8  VISI dan MISI Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya...... 14
     2.8.1 Visi................................................................................................... 14
     2.8.2 Misi................................................................................................... 14
2.9. Motto IBI Darmajaya.................................................................................. 15
2.10.Logo Maskot IBI Darmajaya..................................................................... 15


BAB 3 PENEMPATAN SISWA PRAKERIN DAN PROSES KERJA
DI BAGIAN PERAWATAN KOMPUTER.................................................... 17
3.1. Struktur Organisasi  perawatan  computer............................................... 17
3.2 Proses Kerja Di Perawatan Komputer....................................................... 18
            3.2.1 Kegiatan Siswa di Perawatan  Komputer.................................... 18
            3.2.2 Cara Mengisi  Ulang Toner 35a/36a/85a/76a............................... 18
            3.2.3 Bagian-bagian Printer Hp Laser Jet............................................. 22
3.2.3Etika Kerja (WORK ETHIC).................................................................... 23

BAB 4 PENUTUP............................................................................................... 24
            4.1 Kesimpulan........................................................................................ 24
            4.2 Saran................................................................................................... 25
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 26
LAMPIRAN........................................................................................................ 27




BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Gambaran Umum Prakerin
Prakerin (Praktik kerja industri) merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan sekolah dengan program pengasahan keahlian yang diperoleh oleh siswa melalui kegiatan langsung didunia industri, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu.

1.2 Tujuan Prakerin
Penyelenggaraan praktik kerja industri bertujuan untuk :
1.    Menghasilkan tenaga kerja yang profesional.
2.    Menghasilkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas.
3.    Memantapkan disiplin dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugasnya.
4.    Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan siswa yang diperoleh dari latihan praktek di sekolah yang membentuk kemampuan siswa sebagai bekal memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan program study pilihan.
5.    Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan diri dalam dunia kerja dan masyarakat.
6.    Menambah ilmu yang telah didapat dari sekolah.
7.    Menambah wawasan dan pengalaman untuk memasuki dunia kerja.
8.    Meningkatkan status dan kepribadian siswa sehingga mampu berinteraksi dan memiliki tanggung jawab serta disiplin yang tinggi.
9.    Menumbuh kembangkan sikap profesionalisme yang diperlukan untuk memenuhi lapangan kerja yang sesuai dengan bidangnya.
10.    Menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah didapat di sekolah dalam dunia kerja nyata.
1.3  Tujuan pembuatan laporan
1.         Siswa dapat mengumpulkan data yang diperoleh untuk menyusun laporan praktek kerja industri.
2.         Siswa mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan menyusun laporan.
3.         Siswa dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk menyusun laporan praktek kerja industri.
4.         Untuk mengetahui kegiatan siswa dalam dunia industri.

1.4 Batasan Masalah
Mengingat banyaknya kegiatan yang saya kerjakan pada waktu Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), maka saya mengambil pokok pembahasan yang dapat saya kuasai yaitu :
ü  Melakukan isi ulang toner
BAB 2
HASIL OBSERVASI DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
2.1 Lokasi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya

IBI DARMAJAYA terletak di lokasi yang sangat strategis, dipusat kota Bandar Lampung. Tepatnya dijalan Zainal Abidin Pagar Alam No.93 Labuhan Ratu, Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. Untuk mencapai Darmajaya sangat mudah, karena Jalan Zainal Abidin merupakan jalur jalan kota, dan dilalui oleh kendaraan umum dari Terminal Bus Induk RAJABASA.




2.2 Sejarah Singkat Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya
A.    Sejarah berdirinya Informatics And Business Institue (IBI) Darmajaya
Berawal dari niat dan ketulusan hati serta dukungan penuh dari istri tercinta, seorang putra asal Lampung, H. Alfian Husin, S.H ingin mengabdi di daerah asalnya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda agar dapat berkiprah dan berkompetisi dengan SDM-SDM daerah lain maupun dengan bangsa-bangsa lain dalam rangka menghadapi era kesejagatan.

Kemudian hal ini diwujudkan dalam pendirian Yayasan Pendidikan Alfian Husin melalui Notaris Cahaya Hairani Djausal Zubaidi, S.H akta Nomor 4 (empat) tanggal 5 Januari 1995 berkedudukan di Kotamadya Bandar Lampung jalan Teuku Umar No. 93 kelurahan Gedong Meneng kecamatan Kedaton dengan Badan Pendiri Hi. Alfian Husin, S.H, dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian, Andi Desfiandi, S.E, MA dan Meizary Alfian, S.E, MBA. Sedangkan badan pengurus adalah Meizary Alfian, S.E. MBA (ketua), Firmansyah Yunialfi Alfian (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (Sekretaris I), Dian Septarina, BA(Sekretaris II) dan dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (Bendahara) dan Badan Pengawas terdiri dari Hi. Alfian Husin, SH dan Andi Desfiandi, S.E, MA.

Seiring dengan visi dan misi Yayasan dan kondisi tantangan kedepan maka berdasarkan hasil rapat Yayasan diambil keputusan untuk merubah susunan badan pengurus dan badan pengawas yang dikuatkan oleh Notaris Cahaya Hairani Djausal, SH akta No. 2 tanggal 23 Januari 1995 dengan susunan Badan Pengurus Hi. Alfian Husin, S.H (Ketua), Meizary Alfian, SE, MBA (wakil ketua), dr. Lyza Marfianita Rozalinda (sekretaris I),Dian Septarina, BA (sekretaris II), dr. Hj. Yoenidar Karim Alfian (bendahara). Sedangkan Badan Pengawas adalah Andi Desfiandi, SE, MBA dan Ir. Firmansyah Yunialfi Alfian.
Melalui Yayasan ini maka untuk pertama kalinya didirikan Lembaga Pendidikan Tanjung Karang (LPTK) dengan mendapat izin prinsip dan operasional dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Lampung untuk menyelenggarakan kursus komputer dan program pendidikan satu tahun.

Dengan perkembangan lembaga ini (LPTK) serta pesatnya tuntutan masyarakat lampung, maka pada tanggal 5 Juni 1997 didirikanlah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer DARMAJAYA yang lebih dikenal dengan STMIK DARMAJAYA yang dikukuhkan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah II berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 29/D/O/1997 dengan menetapkan sebagai status terdaftar untuk program studi: Teknik Informatika (S1), Teknik Komputer (D3) dan Manajemen Informatika (D3), kemudian sesuai dengan perkembangan lampung dan tuntutan masyarakat, STMIKDarmajaya membuka kembali dua program studi yaitu: Sistem Informasi (S1) dan Sistem Komputer (S1).

Bersamaan dengan usia yang ketiga tahunnya dan terus menerusnya pengembangan bangunan gedung perkuliahan dan pengembangan sarana pendukung lainnya, maka pada tanggal 6 Juli 2000 berdiri lagi Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Darmajaya (STIE Darmajaya) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 101/D/0/2000 dengan menetapkan status terdaftar untuk program studi:Manajemen (S1), Akuntansi (S1) dan Akuntansi (D3).

Darmajaya terus berbenah untuk menjadi lebih baik dalam memposisikan
diri sebagai perguruan tinggi yang konsen dengan perkembangan Informatika dan Bisnis.

Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 167/D/0/2008 tanggal 20 Bulan Agustus Tahun 2008, status STMIK-STIE Darmajaya berubah menjadi Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya. Perubahan status ini membuktikan bahwa IBI Darmajaya diakui mempunyai keunggulan dibidang Informatika & bisnis dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat pada IBI Darmajaya.

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Darmajaya mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dengan peningkatan status STMIK-STIE Darmajaya menjadi Informatics dan Business Institute (IBI) Darmajaya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 167/D/0/2008 tanggal 20 bulan Agustus tahun 2008.

Izin tersebut segera akan ditindak lanjuti dengan peresmian logo baru IBI Darmajaya sekaligus launching IBI di Kampus setempat pada Tanggal 28 Agustus 2008 bertepatan dengan kegiatan Pembukaan Orientasi Masa Studi (Ories) IBI yang diikiuti oleh 1.200 mahasiswa baru di kampus yang terkenal dengan ikon kampus baru tersebut. Dengan adanya perubahan ini maka makin terbukalah peluang IBI Darmajaya untuk lebih berkiprah pada skala Nasional dan Internasional dengan kapasitas kelembagaan yang fokus dalam bidang ilmu Komputer dan Bisnis. Lebih membanggakan lagi IBI Darmajaya merupakan Institut Informatika dan Bisnis pertama dan satu-satunya di luar Jakarta.

Perubahan status ini menjadi bukti bahwa STMIK-STIE Darmajaya diakui mempunyai keunggulan dibidang Informatika dan Bisnis dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya Lampung yang selama ini telah melakukan pembenahan dalam upayameningkat kualitas pendidikan di Provinsi Lampung sehingga berdampakpula pada kualitas pendidikan Nasional. Pembenahan ini dilakukan pada semua aspek, mulai dari sistem pembelajaran dan akademik melalui perubahan dan meningkatan kualitas kurikulum berbasis kompetensi, peningkatan kualitas dosen dan karyawan, peningkatan kualitas layanan, re-organisasi struktur yang ada. Dengan peningkatan status yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah melalui Menteri Pendidikan ini, kami sangat berharap kepercayaan masyarakat kepada kami makin terus tumbuh dan berkembang, papar Rektor IBI Darmajaya, Dr.Andi Desfiandi, SE,MA.
Kemudian untuk makin menunjang kegiatan akademik, saat ini pusat data di Darmajaya telah terintegrasi secara terpusat dengan di kembangkannya Sistem Informasi Terpadu (SIT), meretas jalan menuju ISO 9001:2000, penguatan fungsi lembaga penjaminan mutu atau quality assurance (QA) yang akan membantu segenap aktivitas akademik Darmajaya tetap berada direl jaminan kualitas pendidikan terbaik.
Untuk makin mewujudkan pendidikan berkualitas, IBI Darmajaya selain mengunggulkan program regular informatika dan bisnis, telah pula memiliki program International class bekerjasama dengan Higher Education Lierning Philoshopy (HELP) University College Malaysia.
Program ini memungkinkan mahasiswa untuk kuliah di dua tempat sekaligus dan mengambil gelar Nasional dan Internasional.Perkuliahan dilaksanakan di IBI Darmajaya saja atau dapat juga kuliah di HELP University College Malaysia yang berafiliasi dengan 100 Universitas lainnya.








2.3 Profil IBI Darmajaya
Darmajaya adalah salah satu institusi pendidikan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Provinsi Lampung, berdiri pada tahun 1995, dibawah naungan YayasanPendidikanAlfian Husin. Nama “DARMAJAYA”, memiliki arti
“ Dharma Bhakti dan Jasa Yonidar Alfian”. Kampus Terpadu Darmajaya dibangun diatas tanah seluas 2,5 hektar, yang beralamat di jalan Zainal Abidin Pagar Alam, No.93B. Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Program Pendidikan dan bidang keilmuan yang diselenggarakan hingga saat ini adalah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi  (STIE), total program studi yang diselenggarakan berjumlah 8 (delapan) program studi, yaitu masing-masing antara lain: STMIK (Teknik Informatika-S1, Sistem Komputer –S1, Sistem Informasi-S1, Manajemen Informatika-D3, Teknik Komputer-D3) dan STIE (Manajemen-S1, Akuntansi-S1, Akuntasi-D3).

Atas Kepercayaan yang diberikan Masyarakat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat (DIKTI), STMIK-STIE DARMAJAYA telah tumbuh dan berkembang menjadi Perguruan Tinggi Besar dan memiliki reputasi baik sebagai Institusi Pendidikan. Selain itu langkah-langkah pembangunan kebutuhan dan peremajaan Sarana – Prasarana dan Fasilitas Pendidikan menjadipenting untuk menunjukan eksistensi dan kapasitasnya di dunia pendidikan.Hal ini merupakan tujuan Darmajaya untuk dapat menjadi fasilitator dan dinamisator pertumbuhan otonom daerah, guna pencapaian nasionalisasi dan internasionalisasi Darmajaya dibidang Pendidikan.

STMIK-STIE Darmajaya mendapat pengakuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan dengan peningkatan status SMIK-STIE Darmajaya menjadi INFORMATICS&  BUSINESS INSTITUTE (IBI) DARMAJAYA melalui Surat Keputusan    Mentrei Pendidikan No.167/D/O/2008 Tanggal 20 Agustus 2008.

Perubahan status ini membuktikan bahwa STMIK-STIE Darmajaya diakui mempunyai keunggulan di bidang informatika dan bisnis, dan merupakan wujud kepercayaan pemerintah pusat kepada STMIK-STIE Darmajaya.

Informatics & Business Institute (IBI) Darmajaya saat ini telah merupakan bentuk lain dari kelas regular yang diselenggarakan oleh IBI Darmajaya. Kelas yang dibuka untuk jenjang pendidikan Strata Satu (S1) ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada para eksekutif muda yang ingin melanjutkan pendidikan dijenjang yang lebih tinggi. Selain kelas Reguler, Esktensi dan Eksekutif IBI Darmajaya dibuka juga kelas Double Degree dimana mahasiswa dapat mengikuti di dua jurusan sekaligus di IBI Darmajaya dengan biaya yang sangat terjangkau dan waktu yang lebih singkat.

Informatics & Business Institute (IBI) Darmajaya telah pula merintis Internasional Class yaitu suatu program yang memungkinkan siswa kuliah di bawah kurikulum internasional untuk meraih gelar internasional dari universitas luar negeri. Selain itu, IBI Darmajaya juga telah membuka Program Pascasarjana yaitu Magister Manajemen (MM) dan Magister Teknologi Informasi (MTI) .

Pada tanggal 11 dan 12 Mei 2009, Tim Audit Eksternal dari lembaga sertifikasi  ISO terkemuka URS (United Registrar of Systems) yang berpusat di Inggris dan berkedudukan di Jakarta untuk Indonesia telah melakukan proses audit dan memastikan bahwa  URS mengeluarkan sertifikat ISO9001:2008/IWA 2 bagi IBI Darmajaya untuk Bidang Pendidikan yang merupakan standar internasional terbaru dalam Quality Management System
(QMS) yang baru dikeluarkan oleh “Internasional Organization for Standarization” pada bulan Desember 2008.Standar baru ini merupakan penyempurnaan dari ISO 9001 versi 2000, dengan pendetilan pada area IT support, outsourcing, dan pengukuran customer satisfaction, sehingga kualitas yang diterapkan lebih baik dari system yang hanya mengacu ke ISO 9001:2008.
2.4 Struktur Organisasi IBI Darmajaya
Struktur Organisasi IBI Darmajaya
 2.5 Lambang dan Makna
2.5.1 Bentuk lambang
Logo Perguruan Tinggi Informatics and Business Intitute (IBI) Darmajaya
Gambar 2.3 Logo IBI Darmajaya

2.6  Makna Logo Perguruan Tinggi IBI Darmajaya
2.6.1 Bentuk
Lambang Perguruan Darmajaya berbentuk perisai yang dikelilingi oleh garis tepi berwarna kuning emas dan biru bertuliskan  INFORMATICS & BUSINESS INSTITUTE DARMAJAYA yang menggambarkan keagungan dan keluhuran budi serta tekad dan kesanggupan seluruh civitas academica Perguruan Tinggi Darmajaya untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945. Dengan memajukan sektor pendidikan maka rakyat di Indonesia dan di Lampung khususnya dapat mencapai kemakmuran dan kesejahteraan dengan  berdasarkan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.6.2 Unsur Lambang
·      Garis tepi warna kuning emas
·      Garis tepi warna biru dengan tulisan Informatics & Business Institute Darmajaya
·      Siger Emas
·      Padi dan Kapas
·      Bola Dunia
·      Perisai putih dengan bingkai berwarna biru yang membagi perisai menjadi tiga bagian dengan masing-masing gambar sebagai berikut :
1.    Buku yang sedang terbuka
2.    Gajah Lampung
3.    5 Bintang yang sedang bersinar terang
    
2.7  Atribut dan Lambang
1.      Garis tepi warna biru dengan tulisan INFORMATICS & BUSINESS INSTITUTE DARMAJAYA melambangkan bahwa seluruh civitas academica IBI Darmajaya harus memiliki sifat setia dan patuh dalam menjalankan tugas dan kewajiban belajar dan mengajar demi kemajuan ilmu pendidikan di Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
2.      Garis tepi warna kuning emas menggambarkan keagungan dan keluhuran budi civitas academica Perguruan Tinggi Darmajaya yang senantiasa terpancar untuk kemajuan pendidikan di tanah lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
3.      Siger berwarna kuning keemasan dengan 9 (Sembilan) buah mahkota
Mencirikan bahwa IBI Darmajaya terletak di Provinsi Lampung dan siap
4.      Menjunjung tinggi kebudayaan daerah sebagai bagian dari kebudayaan bangsa yang harus senantiasa dilestarikan.
5.      Melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Dengan meningkatkan ilmu pengetahuan maka kemakmuran dan kesejahteraan dapat diwujudkan Setangkai Padi dan Kapas.
6.      Bola Dunia menggambarkan tugas dan fungsi IBI Darmajaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa secara menyeluruh/global.
7.      Pita warna putih dengan tulisan EDUCATION UNIVERSALIS yang berarti bahwa IBI Darmajaya secara iklas dan bertanggung jawab bertekad untuk mewujudkan pendidikan yang berwawasan universal dan dapat dinikmati oleh semua anak bangsa.

8.      Perisai putih dengan bingkai berwarna biru yang membagi perisai menjadi tiga bagian dengan masing-masing gambar sebagai berikut :
a.       Buku yang sedang terbuka melambangkan keinginan seluruh civitas academica untuk siap meraih prestasi dalam ilmu dan teknologi serta iman dan taqwa secara terus menerus.
b.      Gajah Lampung melambangkan kekuatan, ketaatan, jiwa kerja keras, gotong royong, semangat tinggi, kesabaran, dan patang menyerah. Seluruh civitas academica harus mengadaptasi sikap dan sifat baik ini agar dapat mewujudkan cita-cita bersama yaitu kecerdasan anak bangsa.
c.       Bintang yang sedang bersinar terang melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Jumlah 5 Bintang melambangkan PANCASILA yang harus senantiasa menjadi pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku.

2.8  VISI dan MISI Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya
2.8.1 Visi
Menjadi perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing berbasis teknologi dan bisnis.
2.8.2 Misi
·      Melaksanakan system pembelajaran yang kreatif dan adaptif  terhadap kemajuan teknologi dan bisnis.
·      Mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang inovatif serta relevan dengan kebutuhan stakeholder.
·      Menciptakan lingkungan pembelajaran dan penelitian yang kondusif.
·      Melaksanakan manajemen pendidikan tinggi yang bermutu dan akuntabel.
·      Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya dan berwawasan Technopreneurship.


2.9. Motto IBI Darmaya
 “ONE STEP A HEAD TOWARD GLOBALIZATION”, motto IBI    Darmajaya di ciptakan oleh Bapak Ir. Firmansyah Y.A., M.B.A., M. SC., untuk membentuk motivasi dan mendukung visi, misi dan tujuan Darmajaya yang mencerminkan bahwa Darmajaya akan selalu lebih maju.

2.10.Logo Maskot IBI Darmajaya
Gambar 2.4 Maskot IBI Darmajaya

“SI SMART, seekor lumba-lumba biru dengan tulisan SI SMART yang mengenakan toga dan berkalungkan lambang  Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya dengan pita biru. SI SMART IBI Darmajaya akan memadu seluruh civitas academica IBI Darmajaya untuk menerapkan nilai-nilai baik yaitu Smart, Innovative, Synergy, Manner, Adaptive, Resvonsive, dan Trustworthy.
“Lumba-lumba adalah salah satu hewan paling cerdas, tanggap, selalu rela menolong sesama makhluk-Nya, mampu bekerja sama dalam kelompok dan di luar kelompok nya. Mampu beradaptasi, dapat di percaya, penampilan sangat unik. Sikap ramah dan menyenangkan tampaknya telah membuat mereka popular dalam kebudayaan manusia.
Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya mengadopsi seluruh nilai luhur dan kebaikan dari lumba-lumba untuk dijadikan mascot IBI Darmajaya. Seluruh nilai yang di rangkum dari singkatan nama Si Smart itu, menjadi tuntunan bagi seluruh civitas Darmajaya untuk menjadi insan yang cerdas dan intelek, inovatif, mampu bekerja sama dengan tim, berprilaku dan berkarakter baik. Mampu beradaptasi, responsif terhadap setiap perubahan yang positif sehingga memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai institusi yang mempunyai citra  sebagai perguruan tinggi yang unggul.


            BAB 3
PENEMPATAN SISWA PRAKERIN DAN PROSES KERJA
DI BAGIAN PERAWATAN DAN SECURITY
3.1. Struktur Organisasi perawatan


BIRO MAL

KABAG ASET

KABAG LOGISTIK

KABAG P&S

STAF ADM

PK komput

Taman

Security

Listrik

Sipil
3.2 Proses Kerja Di Perawatan Komputer
3.2.1 Kegiatan Siswa di Perawatan Komputer
Selama saya berada di perawatan komputer, secara garis besar kegiatan saya adalah sebagai berikut :
1. Isi Ulang Toner
2. Melakukan instalasi pc
3. Perawatan pc
4. Perawatan printer
3.2.2 Cara  Mengisi Ulang Toner 35a / 36a / 85a / 76a
     Berikut saya tampilkan urutan langkah-langkah isi ulang cartridge Hp Laser Jet type 36a, 35a, 85a, dan 76 a, ke empat cartridge tersebut langkah-langkah isi ulangnya relatif sama. Sebelum proses dimulai, siapkan alat dan bahan

-bahan berikut :

1.      Obeng (+)dan (-)
2.      Vacum cleaner (jika ada)
3.      Lap
4.      Kuas
5.      Serbuk Toner


Langkah-langkah mengisi ulang Toner :
-          Buka sekrup pada casing samping           
-          Buka dan lepaskan casing samping          
-          Pisahkan kedua bagian cartridge, yaitu bagian pembuangan dan bagian tampungan toner
-          Ambil cartridge bagian tampungan toner, lepaskan sekrup yang ada disamping
-          Masih pada bagian tampungan toner, lepaskan casing samping yang sekrupnya telah dilepas
-          Ambil dan angkat part cartridge, yaitu magnet roll
-          Angkat dan lepaskan part cartridge yaitu docter blade
-          Angkat  dan lepaskan part cartridge yaitu docter blade
-          Bersihkan sisa-sisa toner yang ada pada bagian tampungan toner dengan menggunakan vacum cleaner, jika tidak ada vacum cleaner bersihkan dengan alat seadanya. yang terpenting tampungan bersih dari sisa-sisa toner 
-          Bersihkan magnet roll
-          Bersihkan docter blade
-          Beralih pada cartridge bagian pembuangan, kemudian lepaskan OPC drum dengan hati-hati jangan sampai terluka
-          Lepaskan PCR, dan bersihkan toner sisa pembuangan yang ada pada tampungan
-          Pasang kembali PCR pada tempatnya
-          Bersihkan semua part-part yang telah terlepas dengan tissue secara halus dan hati-hati 
-          Pasang opc drum  
-          Pasang docter blade
-          Isikan toner pada tampungannya, perlu diingat jangan sampai terlalu penuh
-          Pasang magnet roll           
-          Pasang cassing samping dan kencangkan sekrup
-          Ambil kedua bagian cartridge
-          Gabungkan antara keduanya
-          Pasang cassing samping paling luar
-          Kencangkan sekrupnya,
-          Cartridge siap untuk digunakan.



  CATATAN : untuk menghindari hasil print out yang kurang maksimal, usahakan setiap memegang  spare part cartridge jangan pada bagian tengahnya, tapi peganglah pada bagian tepi-tepi spare part, bila perlu setiap memegang spare part harus menggunakan tissue.
Dan juga, biasanya opc drum pada cartridge type 35a dan sejenisnya, hanya bisa dipakai satu kali, setelah diisi ulang biasanya hasil akan menurun, oleh karna itu pada refillan pertama ada baiknya anda juga mengganti opc drum.

3.2.3 Etika Kerja (WORK ETHIC)
Tujuan : Siswa mendapatkan pengetahuan mengenai etika kerja, sehingga ketika melakukan kerja praktek dapat berpola laku baik dan professional.
Ikhtisar : Etika kerja mengatur anda bersikap, bertindak dalam lingkungan dimana anda bekerja. Hal menyangkut hubungan anda dengan atasan, sesama rekan kerja ataupun bahkan tamu perusahaan.
Sikap selama bekerja :
1.      Bekerja dengan sikap yang benar, jangan menimbulkan sikap antipati oranglain atas sikap anda
2.      Tempat kerja adalah tempat untuk bekerja.
3.      Sigap bila dipanggil atasan.
4.      Menjaga tempat kerja agar tetap rapi.
5.      Menginformasikan apabila meninggalkan tempat kerja.


KaBag. Perawatan dan Security
                                                                    IBI Darmajaya Bandar Lampung

RONALD EFRIMANJAYA

NIK.00660403


BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
1.      Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi para siswa – siswi khususnya siswa – siswi SMK Negeri 1 ketapang. Dengan adanya kegiatan prakerin siswa dituntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2.      Prakerin merupakan kegiatan praktek diluar jam sekolah yang bekerjasama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerjasama dengan masyarakat luar.
3.      Prakerin dapat menunjang siswa untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan professional dalam bidangnya yang mampu memenuhi pasar nasional atau bahkan internasional. Dengan begitu siswa-siswi akan mempunyai sikap yang akan menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat menagamalkan apa yang telah diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerin ini adalah:
a.       Kampus IBI Darmajaya ini mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para pegawai.
b.      Dalam ruang Pusat Komputer (PUSKOM) Hardware dan Jaringan dan PSI, TI/SI,TK/SK terdapat computer yang telah tersambung dengan fasilitas internet sehingga dapat membantu para pegawai.
5.      Adapun proses kerja ditempat prakerin adalah :
a.       Ternyata penginstallan windows sangat mudah. Karena hanya dibutuhkan pemahaman tersendiri agar kita bias menginstall windows itu sendiri.
b.      Ternyata pengisian toner tidak sesulit yang saya bayangkan,hanya saja pada saat pengisian kita pasti kotor.



4.2 Saran
Beberapa hal yang kami temukan di dunia usaha saat pelaksanaan prakerin yang sebagian kecil justru tidak kami temukan saat menggikuti pembelajaran di kelas terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain :
1.    Sekolah perlu memberikan penekanan pada pengguasaan keterampilan yang relevan  dengan perkembangan teknologi di dunia kerja. Dengan demikian kami peserta prakerin dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang diperoleh secara maksimal.
2.    Sekolah perlu memberikan penekanan pada masalah budaya kerja yang berlaku pada instansi pemerintahan maupun swasta. Dengan demikian apabila siswa melakukan prakerin pada instansi dunia usaha, para siswa akan dapat menyesuaikan diri dengan mudah.
3.    Harapan saya supaya :
§  Proses pembelajaran di tingkatkan.
§  Tiap jurusan harus di aktifkan saat jam praktek.
§  Dan juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 ketapang.
Dengan demikian laporan prakerin ini saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 ketapang.







DAFTAR PUSTAKA













LAMPIRAN
3. Bubuk Toner Laser
Fungsi : Sebagai bahan isian cartridge printer laser
4.OPC DRUM
Fungsi : Media pembentuk pola image elektrostatis yang sesuai dengan data pola image digital yang dikirim oleh komputer.
5.WIPER BLADES
Fungsi : Membersihkan permukaan OPC drum dari toner sisa, yang tidak ikut terlekat pada kertas.

6.PCR (Primary Charge Roller)


Fungsi :  menetralkan permukaan OPC Drum yang masih bermuatan negatif karena efek penyinaran laser.


7.DOCTOR BLADES
Fungsi : Mengatur banyaknya toner yang akan diambil oleh magnetik.
8.MAGNETIC ROLLER SLAVE
Fungsi : Mengambil toner (bermuatan positif) dari toner hopper, untuk dikirim pada permukaan OPC Drum yang telah bermuatan negatif.



9.CHIP RESETER
Fungsi : Sebagai sensor kapasitas toner, jika sensor mendeteksi cartridge telah habis, maka cartridge tidak bisa digunakan.